May 19, 2009

Alat Bantu untuk Menentukan Takaran dan Waktu Pemberian Pupuk pada Padi Sawah

Posted in bacaan at 6:56 p05 by himproagro

Varietas padi yang ditanam petani biasanya beragam. Di samping itu, kesuburan tanah  di setiap lokasi juga beragam. Oleh karena kebutuhan hara tanaman padi dipengaruhi oleh varietas, ketersediaan hara dan jenis tanah, pola tanam, iklim, dan ketinggian tempat, maka jenis dan takaran pupuk harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Takaran pupuk ini ditentukan oleh status hara atau suplai hara tanah, kebutuhan hara tanaman, dan kandungan hara dalam pupuk. Pemberian pupuk tepat takaran dan tepat waktu merupakan salah satu upaya untuk mencapai hasil optimal agar keuntungan petani dapat  meningkat.

Umumnya petani sulit menentukan takaran pupuk yang tepat berdasar luas lahan usahataninya. Rekomendasi yang ditetapkan biasanya bersifat umum saja untuk seluruh wilayah. Sehingga terkadang pupuk yang diaplikasikan kurang atau dapat juga berlebihan. Padahal, penggunaan pupuk kurang dari takaran tidak dapat mencapai hasil optimal. Sebaliknya, penggunaan pupuk berlebihan di samping menambah biaya, juga dapat menurunkan hasil karena tanaman menjadi mudah terserang hama dan terinfeksi penyakit. Karenanya, diperlukan alat bantu yang memudahkan petani menentukan takaran pupuk.

PuPS 1.0 merupakan piranti lunak yang digunakan untuk menentukan rekomendasi takaran dan waktu aplikasi pupuk N, P, K untuk setiap persil lahan sawah petani. Dalam menentukan takaran pupuk tersebut sudah dipertimbangkan masukan hara dalam bentuk bahan organik, anorganik, atau sumber lain.

Program ini dirancang oleh tim peneliti IRRI bersama Tim Teknis Kelompok Kerja Pemupukan Tanaman Pangan, Badan Litbang Pertanian, agar PPL atau siapa saja mudah mengoperasikan piranti lunak tersebut. PuPS 1.0 ini diaplikasikan pemakai dengan  menggunakan komputer sehingga tidak perlu dilakukan perhitungan secara manual. Jika fasilitas komputer terbatas, tersedia file “lembar pertanyaan” berisi 11-13 pertanyaan untuk menghimpun data dari petani. Lembar pertanyaan yang telah terisi data kemudian diolah menggunakan fasilitas komputer yang tersedia. Piranti lunak PuPS  1.0 sudah dilengkapi program Microsoft Access 2003 yang dapat menyimpan serta mencetak data dan mencetak rekomendasi takaran dan waktu aplikasi pupuk.Dengan pemberian pupuk tepat takaran, tepat waktu, dan tepat jenis, maka pemupukan akan lebih efisien, hasil tinggi, dan pendapatan petani meningkat. Selanjutnya, pencemaran lingkungan dapat dihindari, kesuburan tanah tetap terjaga, dan produksi padi lestari.

Di bawah ini adalah contoh keluaran rekomendasi takaran pupuk berdasarkan luas lahan, varietas yang akan ditanam, serta hasil yang biasa dicapai petani. Tampak bahwa rekomendasi tersebut dapat dicetak (print) jika tersedia printer sebagai bahan catatan.

Untuk menunjang pelatihan tersedia publikasi tercetak yang berjudul (1) Modul Pemupukan Padi Sawah Spesifik Lokasi dan (2) Panduan Praktis Pengelolaan Hara.
Pengguna dapat mengakses piranti lunak ini disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: